Menu

Mode Gelap
Rakercab Repdem 5 Kabupaten Tegaskan Hattrick 2024 Bane Goes To School, Bane Raja Manalu Motivasi Pelajar SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Bane Raja Manalu Kabulkan Kekayaan Intelektual Pelaku UMKM di Batu Bara, 7 Sertifikat Merek Diberikan Laksanakan Perintah Kapolri, 7 Tersangka Perjudian Ditangkap Polres Batu Bara BNNK Batu Bara Gelar Workshop P4GN Bersama Pemerintah dan Lapas 

Daerah · 26 Aug 2022 06:47 WIB ·

Bane Raja Manalu Berbagi dan Menyapa Warga Desa Karang Baru, Batu Bara


 Bane Menyapa warga Desa Karang Baru (Foto: Humas Lalaku) Perbesar

Bane Menyapa warga Desa Karang Baru (Foto: Humas Lalaku)

BATU BARA, Bundarantimes.com – Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Bane Raja Manalu menyapa masyarakat Desa Karang Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Kami (25/8/2022). Bertempat di Aula Desa Karang Baru, Bane Raja Manalu menyalurkan sembako dan mensosialisasikan kekayaan intelektual serta program kerja Kemenkumham.

“Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) baiknya juga punya merek. Dengan adanya merek akan mendapat perlindungan hukum,” ujar Bane Raja Manalu.

Merek akan membuat suatu produk lebih memiliki nilai jual. Selain merek, ada juga pendaftaran Kekayaan Intelektual Komunal atau komunitas.

Lebih lanjut Pendiri Bane Bergerak (BAGAK) ini mengatakan, Kemenkumham juga memiliki program desa sadar hukum. Seperti di Lombok baru disahkan sebanyak 63 desa sadar hukum oleh Menteri Hukum dan HAM.

“Saya merasa sangat senang bisa datang ke desa ini. Kemenkumham salah satu tugasnya adalah menyadarkan masyarakat akan pentingnya paham tentang hukum. Di Kemenkumham juga ada layanan hukum (Yankum). Akses pendampingan hukum. Pemahaman tentang hukum itu perlu,” ujar alumni Universitas Indonesia ini.

Kemudian, di Kemenkumham ada program mengurus paspor masuk desa. Kalau seandainya di desa ingin membuat paspor bisa dilayani. Pelayanannya masuk desa. Karena saat ini perintah Presiden Jokowi yang namanya layanan publik harus dimudahkan.

Bane berbagi kepada warga Desa Karang Baru (Foto: Humas Lalaku)

“Layanan paspor masuk desa salah satu program di Kemenkumham. Kalau mau ngurus paspor bisa disampaikan usulannya. Petugasnya datang ke balai desa. Prosesnya cepat dan mudah. Ada batas minimum kalau mengusulkan pengurusan pasport masuk desa. Masyarakat emergency yang hendak mengurus paspor juga bisa dilayani dan bahkan petugasnya didatangkan sampai ke desa,” bebernya.

Kepala Desa Karang Baru, Muhammad Amin, mengaku bangga dan bahagia atas kunjungan Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM, Bane Raja Manalu sampai ke desa. Suatu kehormatan bagi masyarakat Desa Karang Baru.

“Sangat jarang ada pejabat dari Jakarta mau turun ke desa. Hal ini menjadi satu momen besar bagi masyarakat desa agar semakin baik ke depan. Apa yang dipaparkan Stafsus Menkumham bisa diimplementasikan aparat desa dan masyarakat,” pungkasnya.

Iklan 1
Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Menhub Berkunjung Ke Batu Bara, Bupati Zahir: Pemkab Siap Bersinergi

25 September 2022 - 19:17 WIB

Rakercab Repdem 5 Kabupaten Tegaskan Hattrick 2024

25 September 2022 - 19:11 WIB

Bane Raja Manalu: Kemenkumham Lakukan Reformasi Birokrasi untuk Kemudahan Pelayanan Publik

23 September 2022 - 23:56 WIB

Bane Raja Manalu Motivasi Pelajar SMA Negeri 1 Girsang untuk Menjadi Orang Sukses

22 September 2022 - 22:38 WIB

Family Gathering, Lapas Labuhan Ruku Kanwil Sumut kunjungi Pulau Pandang Batu Bara

19 September 2022 - 20:47 WIB

Penyampaian Ranperda Propemperda 2023, Ini Kata Rizky Aryetta

19 September 2022 - 20:39 WIB

Trending di Daerah