Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 22 Agu 2023 14:44 WIB

Cegah Kanker Bersama YKI, dr Deni Himbau Masyarakat Lakukan Skrining Berkala


 Cegah Kanker Bersama YKI, dr Deni Himbau Masyarakat Lakukan Skrining Berkala Perbesar

BATU BARA, Bundarantimes.com – Dinkes Batu Bara bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Batu Bara mengajak dan menganjurkan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Batu Bara untuk melakukan skrining kesehatan secara berkala guna menghindari kanker.

Sosialisasi pencegahan kanker sejak dini, secara langsung dibuka ketua Yayasan Kanker Indonesia(YKI) Batu Bara bersama Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara yang digelar di desa Sei Raja Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Jum’at (18/8/2023) lalu.

Saat dikonfirmasi, Senin (21/8/2023), plt. Kadis Kesehatan Batu Bara, dr Deni mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa selalu melakukan skrining secara berkala guna menghindari Kanker.

Plt. Kadis Kesehatan Batu Bara, dr Deni syahputra.

“Tingginya prognosis hidup bila kanker terdeteksi stadium 1 dan 2, hal ini menunjukan pentingnya deteksi dini untuk dilakukan oleh setiap individu, baik secara mandiri dan yang tetutama pemerikasaan medis,”katanya.

Kemudian Ia menyebut bahwa penyakit kanker dapat dikendalikan angka survival ratenya tinggi, tetapi syaratnya harus dengan deteksi dini, sekitar 90 persen bisa dikendalikan.

“Tapi jika ditemukan pada stadium lanjut, maka 90 persen akan meninggal,”ucapnya.

Seblumnya menurut Ketua YKI Ny. Maya mengatakan tingginya kasus kanker tentu bisa menjadi kewaspadaan awal untuk mau meminimalisir faktor yang terkait dengan penyakit kanker tersebut.

“Salah satu penyebab tingginya kasus kanker di Indonesia adalah kondisi lingkungan yang terus menghasilkan bahan karsinogen seperti rokok, daging olahan, dan makanan siap saji. Penyebab lain yang juga mempengaruhi yaitu kebiasaan begadang, kurang olahraga dan makan terlalu banyak,” sebut Ny Maya.

Ny. Maya berharap dengan mengikuti kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk mencegah penyakit kanker dengan upaya menerapkan gaya hidup sehat.

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 2
Baca Lainnya

Tutup Bulan K3 2024, INALUM Gelar Donor Darah di Tanjung

12 Februari 2024 - 08:39 WIB

Peduli Kemanusiaan, Keluarga Besar PT STTC Donorkan 119 Kantong darah

18 Desember 2023 - 09:28 WIB

Penuhi Hak Kesehatan WBP , Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Rutin Gelar Senam Pagi

24 November 2023 - 20:48 WIB

Ketua YKI Batu Bara Ajak Perempuan Untuk Skrining Kesehatan Secara Berkala

10 November 2023 - 21:44 WIB

Ketua YKI Batu Bara Bersama Kadis Kesehatan P2KB Batu Bara Ajak Perempuan Skrining Kesehatan Berkala.

Bupati Zahir Minta Penderita Bibir Sumbing Ditangani Secara Menyeluruh : Segera Didata Ke Desa-desa

8 November 2023 - 22:47 WIB

Bupati Zahir Memberikan sambutan dan meminta kepada Dinas Kesehatan P2KB Untuk Mendata Penderitaan Bibir Sumbing pada Bulan Bhakti kesehatan di Sei Suka.

HKGN Di Batu Bara, PDGI dan Bunda PAUD Menggelar Bakti Sosial

1 November 2023 - 20:47 WIB

Trending di Kesehatan