Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 25 Okt 2023 19:09 WIB

Dedy Anak Kampung Yang Kini Menjadi Guru Besar Tetap di USU


 Dedy Anak Kampung Yang Kini Menjadi Guru Besar Tetap di USU Perbesar

SUMUT, Bundarantimes.com – Prof. Dr. dr. Dedy Hermansyah, Sp.B, Subsp.Onk(K) seorang yang dulunya anak kampung kini menjadi guru tetap di Universitas Sumatera Utara (USU). Diusianya yang saat ini 42 tahun, kini ia telah menyandang sebagai guru besar di perguruan tinggi ternama di Sumatera Utara dalam Bidang Ilmu Bedah pada Fakultas Kedokteran USU.

Pria yang berasal dari Rantau Prapat kelahiran 03 Juli 1981 ini pernah menjadi siswa teladan tingkat Sumatera Utara pada saat mengenyam bangku SMP Negeri 03 Rantau Perapat.

Kemudian, ketika akan melanjutkan pendidikan, bapak dari 3 orang anak ini juga sempat melamar di SMA Taruna Nusantara. Namun nasib berkata lain, ia tidak ditakdirkan untuk lulus disekolah ternama itu, kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas nya di SMA N 01 Medan.

Saat diwawancarai Jum’at (20/10) Prof. Dedy Hermansyah menceritakan, tepat pada tahun 2000 dirinya masuk di dunia Kedokteran hingga selesai menyandang gelar dokter dari Fakultas Kedokteran USU di tahun 2006, kemudian melanjutkan lagi pendidikannya di Pendidikan Program Spesialis Ilmu Bedah hingga selesai di tahun 2012 di FK USU.

Tak cukup hanya itu saja, Guru Besar Bidang Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran USU ini, pada tahun 2014 kemudian melanjutkan untuk mengambil Konsultan Bedah Onkologi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia selesai di tahun 2016 Hingga mengambil Gelar Doktor (S3) di tahun 2018 selesai di tahun 2021.

Hingga pada akhirnya, Prof. Dr. dr. Dedy Hermansyah diketahui sebagai Profesor termuda di tempat ia mengajar, tepat pada tanggal 26 Oktober 2023 akan ditetapkan sebagai guru besar tetap di Universitas Sumatera Utara.

Sebagaimana diketahui, di USU sendiri sudah lama tidak mempunyai guru besar Kedokteran Ilmu Bedah dari tahun 2007 silam. Hingga di tahun 2023 ini kembali akan mempunyai Guru Besar Tetap Ilmu Bedah.

Anak nomor 1 dari 3 bersaudara ini awal mula mengenyam sebagai abdi negara (ASN) pada saat itu masih sekolah di Spesialis Ilmu Bedah, dan sangat berterima kasih kepada Almarhum Prof. Chairuddin P Lubis, dimana beliau lah salah satu yang banyak berjasa dalam pengangkatan dr. Dedy sebagai Dosen PNS di Universitas Sumatera Utara.

Pada pengukuhan tanggal 26/10/23, judul guru besarnya Prof. Dedy Hermansyah mengangkat topik tentang Kanker Payudara dengan judul ‘Era Personalized Medicine Dalam Pendekatan Diagnosis, Tatalaksana dan Pencegahan Kanker Payudara.

Topik ini ia angkat, karena sering berhubungan dengan pasien-pasien kanker payudara. Dimana penanganan maupun pendekatan diagnosisnya berbeda dan mengalami kemajuan dari dulu hingga sekarang.

“topik ini beliau angkat untuk memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa, mulai dari diagnosis sampai pada penanganan sekarang eranya sangat individual, jadi penanganannya tidak bisa disama ratakan antara pasien yang satu dengan yang lain,” tuturnya. (Red)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 2
Baca Lainnya

Binmas dan Bhabinkamtibmas Perkenalkan Berbagai Profesi Kepada Siswa-siswi

8 Mei 2024 - 22:57 WIB

Police Goes To School Sat Lantas Polres Batu Bara Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas

22 April 2024 - 17:52 WIB

DANDIM 0211/TT Berikan Motivasi di SMA Negeri 1 Sitahuis

25 Maret 2024 - 22:32 WIB

Bunda PAUD Sumela Kunjungi TK Pembina Negeri

23 Maret 2024 - 17:30 WIB

Miris! Guru Honorer dipecat Sehari Setelah Bertugas Sebagai Anggota KPPS

23 Februari 2024 - 21:46 WIB

Menkumham Yasonna Serahkan Bantuan Dana Pendiidikan PIP Bagi Peserta Didik Di Sumut

1 Desember 2023 - 19:45 WIB

Trending di Pendidikan