Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 16 Agu 2023 00:39 WIB

Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara Menggelar Seminar Transformasi Sistem Kesehatan


 Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara Menggelar Seminar Transformasi Sistem Kesehatan Perbesar

BATU BARA, Bundarantimes.com – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Batu Bara melaksanakan Seminar  transformasi sistem kesehatan, di Aula Singapore Land, Selasa (15/8/2023).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan P2KB, dr Deni Syahputra melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Abdul Fuad Helmi SKM M.Kes mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan fasilitas dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Dengan mengundang 3 narasumber yakni daribSeminar Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan PPKB, Dinas PMD dan Bapelitbangda yang diikuti seluruh Kepala Puskesmas dan Sekretaris Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara.

Ia menjelaskan kegiatan dititikberatkan pada  pembinaan Pokjanal Posyandu (Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu) dalam rangka integrasi layanan primer Kabupaten Batu Bara Tahun 2023.

Dikatakannya, menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007, Pokjanal Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu”, ucap Fuad.

Tampil sebagai narasumber (pemateri) Abdul Fuad Helmi SKM M.Kes mengungkapkan Kemenkes berkomitmen untuk melakukan transformasi sistem kesehatan melalui 6 pilar transformasi penopang kesehatan Indonesia.

Sedangkan 6 pilar transformasi penopang kesehatan Indonesia dilakukan melalui 6 langkah kongkrit,”Ujar Fuad.

Keenam langkah tersebut adalah transformasi layanan primer dalam bentuk edukasi penduduk, pencegahan primer, pencegahan sekunder dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan primer.

Kemudian transformasi layanan rujukan dengan meningkatkan akses da mutu layanan sekunder dan tersier.  Selanjutnya transformasi sistem ketahanan Kesehatan dengan meningkatkan ketahanan sektor farmasi dan alat kesehatan, memperkuat ketahanan tanggap darurat.

“Dan 3 langkah berikutnya menyangkut transformasi sistem pelayanan kesehatan serta transformasi SDM Kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan”, ungkapnya.

Fuad mengungkapkan bahwa Pemkab Batu Bara akan mengembangkan Pustu menjadi Posyandu Prima di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Nibung Hangus dengan 5 Pustu, Tanjung Tiram dengan 6 Pustu, Talawi dengan 5 Pustu dan Lima Puluh Pesisir dengan 4 Pustu.

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 1
Iklan 2
Baca Lainnya

Peringati HBP Ke-60, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Kegiatan Donor Darah

17 April 2024 - 16:52 WIB

TMMD dan Dinkes Batu Bara Bekerjasama Pelayanan Pemasangan KB Gratis

13 Maret 2024 - 15:18 WIB

Tutup Bulan K3 2024, INALUM Gelar Donor Darah di Tanjung

12 Februari 2024 - 08:39 WIB

Peduli Kemanusiaan, Keluarga Besar PT STTC Donorkan 119 Kantong darah

18 Desember 2023 - 09:28 WIB

Penuhi Hak Kesehatan WBP , Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Rutin Gelar Senam Pagi

24 November 2023 - 20:48 WIB

Ketua YKI Batu Bara Ajak Perempuan Untuk Skrining Kesehatan Secara Berkala

10 November 2023 - 21:44 WIB

Ketua YKI Batu Bara Bersama Kadis Kesehatan P2KB Batu Bara Ajak Perempuan Skrining Kesehatan Berkala.
Trending di Kesehatan