Menu

Mode Gelap
Rakercab Repdem 5 Kabupaten Tegaskan Hattrick 2024 Bane Goes To School, Bane Raja Manalu Motivasi Pelajar SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Bane Raja Manalu Kabulkan Kekayaan Intelektual Pelaku UMKM di Batu Bara, 7 Sertifikat Merek Diberikan Laksanakan Perintah Kapolri, 7 Tersangka Perjudian Ditangkap Polres Batu Bara BNNK Batu Bara Gelar Workshop P4GN Bersama Pemerintah dan Lapas 

Kesehatan · 24 May 2022 05:17 WIB ·

Dinas Kesehatan P2KB dan BTKL-PP Bersinergi Lakukan Penyuluhan Penyakit TBC di Lapas


 Dinas Kesehatan Lakukan Penyuluhan TBC di Lapas Perbesar

Dinas Kesehatan Lakukan Penyuluhan TBC di Lapas

BATUBARA, Bundarantimes.com – Setelah gencar mengatasi masalah stunting di Batu Bara, kini Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P2KB) Batu Bara Kembali melakukan penyuluhan penyakit TBC di tempat khusus Lembaga Permasyarakatan Kelas II Labuhan Ruku.

Selain Penyuluhan tentang TBC, juga melakukan pemeriksaan dahak bagi suspek/orang terduga TBC, yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 19 Mei 2022 di Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku dan bekerjasama dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan – Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas I Medan.

Kepala Dinas Kesehatan P2KB Batuabara drg. Wahid Khusyairi, MM saat dikonfirmasi Senin (23/05/2022) menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit TBC, serta memutus mata rantai penularan.

Sebanyak 100 orang yang diberikan penyuluhan, ditemukan ada 80 orang terduga penyakit TBC dari pemeriksaan dahak yang dilakukan oleh petugas kesehatan.

Masih dengan drg Wahid, TBC adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman dengan menyerang saluran pernafasan/paru-paru, dengan gejala batuk berdahak lebih dari 2 minggu, berkeringat di malam hari tanpa aktifitas fisik, penurunan berat badan, demam, serta nafsu makan yang menurun.

TBC sendiri menular dari orang sakit ke orang sehat, melauli percikan dahak pada saat penderita batuk, dan bersin.

“Terhadap masyarakat yang sudah di vonis menderita penyakit TBC, jangan merasa putus asa, karena penyakit ini bisa sembuh jika berobat secara teratur selama 6 bulan,” cetus dgr Wahid.

Untuk mencegah penularan TBC ini sendiri lakukanlah etika batuk yang baik, yakni menutup mulut saat batuk dengan tissue kemudian membuangny di tempat sampah, etika lainnya yakni menutup mulut ketika batuk dengan lengan baju siku atas, serta tidak membuang dahak sembarangan.

Sedangkan pencegahannya, dihimbau agar makan makanan yang bergizi, olah raga yang teratur, berjemur di matahari pagi serta melakukan etika batuk yang baik dan benar. (***)

Iklan 1
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ribuan Pelajar Batu Bara Semarakkan HKGN 2022

14 September 2022 - 13:48 WIB

Kadis Kesehatan : Stunting Menjadi Isu Utama, Konseling PMBA Sangat Penting Dilakukan

7 July 2022 - 11:00 WIB

Dinkes PPKB Batu Bara Keluarkan Terobosan Baru Tangani Stunting, Ini Programnya

4 July 2022 - 23:54 WIB

Kesulitan Menghilangkan Lemak Perut, Berikut 5 Kesalahan Yang Tanpa Kita Sadari

26 May 2022 - 13:28 WIB

Trending di Kesehatan