Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 13 Sep 2023 15:44 WIB

Dinkes P2KB Batu Bara Deteksi Dini Resiko Penyakit Tidak Menular Di Seluruh OPD, Ini Jumlahnya


 Dinkes P2KB Batu Bara Deteksi Dini Resiko Penyakit Tidak Menular Di Seluruh OPD, Ini Jumlahnya Perbesar

BATU BARA, Bundarantimes.com – Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P2KB) terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, serta memberikan edukasi berperilaku hidup sehat melalui Gerakam Masyarakat Hidup sehat (GERMAS).

Salah satu upaya yang saat ini digalakkan, Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan P2KB melakukan deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada masyarakat dan juga di seluruh OPD/Perkantoran. Kemudian Kegiatan Pelaksanaan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dilaksanakan dimulai dari Januari s/d Desember 2023.

Plt Kepala Dinas Kesehatan P2KB dr. Deny Syahputra menjelaskan, bahwa Penyakit Tidak Menular ini merupakan penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis).

“Pada perjalanan awal, PTM sering tidak bergejala, banyak yang tidak mengetahui dan menyadari jika seseorang tersebut mengidap PTM. Hal tersebut membuat kesadaran untuk memeriksakan diri dengan mendeteksi dini kurang. Sehingga banyak yang periksa ketika terjadi komplikasi dari PTM, bahkan berakibat kematian lebih dini,” ungkap dr. Deni dikonfirmas Selasa (12/09/2023).

Secara umum faktor risiko penyakit tidak menular ini dibagi dalam tiga kelompok, yakni faktor risiko gangguan metabolik, faktor risiko perilaku, dan faktor risiko lingkungan.

Faktor risiko utama PTM adalah faktor metabolik atau tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, obesitas, dislipidemia, gangguan fungsi ginjal, malnutrisi pada maternal seperti perilaku diet, merokok, resiko kesehatan kerja, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol, dan faktor lingkungan seperti polusi udara, kekerasan, kemiskinan.

Melihat semakin mengkhawatirkannya faktor resiko penyakit tidak menular, khususnya faktor metabolik dan faktor perilaku, maka diperlukan upaya-upaya strategis diantaranya peningkatan upaya promotif dan preventif serta edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan faktor risiko.

“Upaya lainnya kita juga melakukan peningkatan skrining dan deteksi dini PTM di semua puskesmas, penguatan upaya pemberdayaan masyarakat terkait pengendalian penyakit tidak menular, perbaikan mutu pelayanan, dan peningkatan aksi multisektoral terkait Gerakam Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),” terang dr. Deny.

dr. Deny mengatakan, tujuan ini dilakaukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.

“Sedangkan tujuan khususnya, meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat terkait penyakit tidak menular, dan meningkatnya capaian deteksi dini faktor resiko PTM,” jelasnya.

Sedangkan sasaran kegiatan pelaksanaan gerakan pengendalian penyakit PTM Prioritas (diabetes militus, hipertensi, jantung, stroke, kanker, PPOK ) adalah masyarakat usia diatas >15 tahun .

Ia mengungkapkan strategi pecapaian deteksi dini PTM ini dilaksanakan di Puskesmas, Posbindu, Desa, tempat kerja/Institusi dengan cara pengukuran tekanan darah, tinggi badan, berat badan, lingkar perut, pemeriksaan gula darah, kolestrol, asam urat, co analyzer (bagi perokok).

Kemudian ada sasaran diabetes militus sebanyak 5.963 orang/tahun dengan capaian s/d bulan Agustus sebanyak 1.955 orang atau (33%). Sasaran Hipertensi sebanyak 79.711 orang/ tahun dengan Capaian s/d Agustus sebanyak 6.145.Orang atau (8.%). Sasaran Usia Produktif sebanyak 215.481 orang/tahun dengan capaian 17.680 orang atau (8%).

Adapun Jumlah orang yang diperiksa Pada OPD adalah :

1.Dishub 43 org
2.perijinan 30 org
3.satpol PP 32 org
4. Inspektorat 43 org
5. Kantor camat Datuk Lima puluh 38
6. Kantor camat Datuk tanah datar 25 org
7. Kantor camat air Putih 46 org
8. Kantor camat lima puluh pesisir 25 org
9. Kantor camat Tanjung Tiram 19 org
10. Polsek Medang Deras 20 org

 

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 2
Baca Lainnya

Tutup Bulan K3 2024, INALUM Gelar Donor Darah di Tanjung

12 Februari 2024 - 08:39 WIB

Peduli Kemanusiaan, Keluarga Besar PT STTC Donorkan 119 Kantong darah

18 Desember 2023 - 09:28 WIB

Penuhi Hak Kesehatan WBP , Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Rutin Gelar Senam Pagi

24 November 2023 - 20:48 WIB

Ketua YKI Batu Bara Ajak Perempuan Untuk Skrining Kesehatan Secara Berkala

10 November 2023 - 21:44 WIB

Ketua YKI Batu Bara Bersama Kadis Kesehatan P2KB Batu Bara Ajak Perempuan Skrining Kesehatan Berkala.

Bupati Zahir Minta Penderita Bibir Sumbing Ditangani Secara Menyeluruh : Segera Didata Ke Desa-desa

8 November 2023 - 22:47 WIB

Bupati Zahir Memberikan sambutan dan meminta kepada Dinas Kesehatan P2KB Untuk Mendata Penderitaan Bibir Sumbing pada Bulan Bhakti kesehatan di Sei Suka.

HKGN Di Batu Bara, PDGI dan Bunda PAUD Menggelar Bakti Sosial

1 November 2023 - 20:47 WIB

Trending di Kesehatan