Menu

Mode Gelap

Peristiwa · 3 Nov 2023 22:32 WIB

Dukungan Terhadap Palestina, Banyak Foto Semangka Di Medsos, Ternyata Ini Maknanya?


 Foto : Ilusrasi. Sumber Goggle. Perbesar

Foto : Ilusrasi. Sumber Goggle.

Bundarantimes.com – Penggunaan emoji foto buah semangka viral di media sosial. Hari ini banyak netizen mengunggah emoji dan foto semangka di media sosial. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan untuk Palestina. Penggunaan semangka tersebut merupakan salah satu cara tetap mendukung Palestina tetapi bisa menghindari shadow ban yang diterapkan oleh berbagai platform media sosial.

Bahkan di media sosial X yang dulu bernama Twitter, kata Semangka menjadi trending topic. Ternyata, banyak orang yang mengunggah gambar semangka diberbagai media sosial menjadi tanda masih banyak yang mendukung perjuangan Palestina.

Terus timbul pertanyaan, apa hubungannya mengunggah gambar semangka di media sosial sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina ?

Dikutip dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa alasan mengapa buah semangka identik dengan Palestina sehingga dijadikan bahan untuk postingan di media sosial.

Pertama, dipakainya simbol semangka sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina ternyata bukan kali ini saja terjadi. Dalam perang enam hari tahun 1967, semangka juga sudah dijadikan simbol perlawanan rakyat Palestina. Pascaperang enak hari tahun 1967, Israel melarang bendera Palestina berkibar. Siapapun yang mencoba mengibarkan bendera Palestina akan ditangkap. Menyadari keterbatasan, para aktivis melihat irisan semangka memiliki warna yang mirip bendera Palestina. Mereka mulai membawa semangka ke berbagai demonstrasi.

Selain itu, dipakainya simbol semangka juga tak lepas dari larangan Israel untuk mengibarkan bendera Palestina di depan umum. Sehingga masyarakat kemudian menjadikan simbol semangka sebagai alternatif.

Filosofi Foto Buah Semangka bertebaran di medsos terhadap dukungan Palestina.

Kedua, buah semangka memiliki beberapa kombinasi warna. Yakni Merah, Hitam, Putih, dan Hijau. Warna-warna ini sama dengan kombinasi warna yang ada di bendera Palestina.

Kemudian, dipakainya gambar semangka untuk menggantikan bendera Palestina, juga bertujuan untuk menghincari shadow banned di media sosial. Shadow banned sendiri adalah kondisi dimana akun media sosial ditangguhkan dan dibatasi dari pengguna lain tanpa pemberitahuan.

Selain itu, buah semangka juga semakin identik dengan Palestina karena buah ini banyak tumbuh si seluruh kawasan Palestina, mulai dari Jenin sampai Gaza.

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 1
Iklan 2
Baca Lainnya

Kualat! Nekat Jambret HP di Bulan Suci, Pelaku Hampir Mati Diamuk Massa

29 Maret 2024 - 14:02 WIB

Mayat Diduga ODGJ Ditemukan Warga Dirumah Kosong

12 Maret 2024 - 16:17 WIB

5 Unit Rumah Terbakar di Jalan Bah Bolon Siantar, PT STTC Bantu Pemadaman

29 Februari 2024 - 13:34 WIB

Usai Mengantarkan Jenazah, Ambulance RS Bidadari Kecelakaan, Begini Kondisi Supirnya

8 Januari 2024 - 09:43 WIB

Heroik, Saat Satlantas Polres Batu Bara Bantu Ibu Yang Ingin Melahirkan Dalam Perjalanan

4 Januari 2024 - 18:31 WIB

Kepergok, Maling Dibatubara Tumbang Usai Duel Dengan Pemilik Rumah

30 Desember 2023 - 13:50 WIB

Maling terkapar berlumuran darah dihajar pemilik rumah.
Trending di Peristiwa