Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 21 Sep 2023 16:39 WIB

Gandeng Puskesmas, Lapas Labuhan Ruku Rutin Lakukan Skrining TB Bagi Warga Binaan


 Gandeng Puskesmas, Lapas Labuhan Ruku Rutin Lakukan Skrining TB Bagi Warga Binaan Perbesar

BATU BARA, Bundarantimes.com – Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut bersinergi dengan Puskesmas Labuhan Ruku lakukan skrining Tuberculosis (TB) terhadap 35 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (21/09/2023).

Kegiatan skrining ini ditujukan kepada warga binaan Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku sebagai upaya deteksi dini serta untuk mengendalikan penularan TB di lingkungan Lapas.

Kepala Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku EP Prayer Manik mengatakan, kegiatan skrining TB ini dilakukan guna melakukan deteksi dini terhadap penyebaran virus TB kepada warga binaan di Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku.

“Skrining TB kepada warga binaan ini menjadi salah satu upaya pencegahan terhadap virus TB, selain skrining juga dilakukan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari pihak Puskesmas Labuhan Ruku dan juga pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

EP Prayer Manik , turut memberikan pengarahan kepada WBP untuk menjaga perilaku hidup sehat selama di Lapas dan memberikan edukasi tentang pentingnya pencegahan penularan TB.

“Jika ada yang merasa kurang sehat, segera datang ke poliklinik untuk diperiksa. Apabila ada yang batuk, praktikkan etika saat batuk . Jangan membuang dahak atau tisu bekas batuk di sembarang tempat, apalagi di tempat yang lembab tidak terkena matahari, sebab, bakteri TB tetap hidup di tempat lembab dan berpotensi menular ke orang lain. Jika kita disiplin dalam menjaga diri dan perilaku bersih, mudah- mudahan kesehatan menjadi milik kita,”Ucapnya.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 2
Baca Lainnya

Pastikan Kondisi Tahanan Sehat Sat Tahti Bersama Sie Dokkes Polres Batu Bara Rutin Cek Kesehatan Tahanan

24 Mei 2024 - 11:17 WIB

Peringati HBP Ke-60, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Kegiatan Donor Darah

17 April 2024 - 16:52 WIB

TMMD dan Dinkes Batu Bara Bekerjasama Pelayanan Pemasangan KB Gratis

13 Maret 2024 - 15:18 WIB

Tutup Bulan K3 2024, INALUM Gelar Donor Darah di Tanjung

12 Februari 2024 - 08:39 WIB

Peduli Kemanusiaan, Keluarga Besar PT STTC Donorkan 119 Kantong darah

18 Desember 2023 - 09:28 WIB

Penuhi Hak Kesehatan WBP , Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Rutin Gelar Senam Pagi

24 November 2023 - 20:48 WIB

Trending di Kesehatan