Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 30 Agu 2023 20:12 WIB

Libatkan Kemenkes RI, Dinkes P2KB Batu Bara Uji Resistensi Insektisida Malaria


 Libatkan Kemenkes RI, Dinkes P2KB Batu Bara Uji Resistensi Insektisida Malaria Perbesar

BATU BARA, Bundarantimes.com – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Batu Bara melakukan uji resistensi insektisida malaria di wilayah endemis Kecamatan Tanjung Tiram, yakni di Desa Guntung dan Desa Sukamaju. Kegiatan ini dilaksanakan dimulai tanggal 25-30 Agustus 2023.

Uji resistensi insektisida malaria di Kecamatan Tanjung Tiram ini juga melibatkan dari perwakilan Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara, Dinkes P2KB Batu Bara, dan NGO Bidang Kesehatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Deni Syahputra dalam press release nya menyebutkan, bahwa kegiatan ini menguji efektivitas suatu insektisida pada serangga/ vector.

 

Nyamuk Anopheles dengan menggunakan alat dan bahan yang digunakan, tabung aspirator, senter, kain kasa, paper cup, karet gelang, kapas, dan larutan gula.

“Uji ini dilakukan untuk mengukur tingkat resistensi Vektor terhadap 3 jenis insektisida yang di gunakan yakni, Insektisida golongan Permethrin, lamdacyhalothrin & malathion.,” sebutnya, Rabu (30/08/2023).

Adapun vektor yang di uji yakni Nyamuk Anopheles dengan menggunakan alat dan bahan yang digunakan, tabung aspirator, senter, kain kasa, paper cup, karet gelang, kapas, dan larutan gula.

Pada pengujian kali ini nyamuk yang ditangkap selama kegiatan sebanyak ± 1.200 ekor, dengan rincian nyamuk Anopheles sebanyak 720 Ekor. Sedangkan daerah yang paling banyak didapati Nyamuk Anopheles yakni berada di Desa Guntung.

Untuk diketahui, Nyamuk Anopheles adalah hewan yang menyebarkan malaria pada manusia. Saat infeksinya menyebar, gangguan kesehatan parah bisa terjadi sehingga penting untuk mencegahnya sebelum terjadi. Terdapat 400 spesies nyamuk Anopheles, tetapi hanya 30-40 menyebarkan malaria secara alami.

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 2
Baca Lainnya

Tutup Bulan K3 2024, INALUM Gelar Donor Darah di Tanjung

12 Februari 2024 - 08:39 WIB

Peduli Kemanusiaan, Keluarga Besar PT STTC Donorkan 119 Kantong darah

18 Desember 2023 - 09:28 WIB

Penuhi Hak Kesehatan WBP , Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Rutin Gelar Senam Pagi

24 November 2023 - 20:48 WIB

Ketua YKI Batu Bara Ajak Perempuan Untuk Skrining Kesehatan Secara Berkala

10 November 2023 - 21:44 WIB

Ketua YKI Batu Bara Bersama Kadis Kesehatan P2KB Batu Bara Ajak Perempuan Skrining Kesehatan Berkala.

Bupati Zahir Minta Penderita Bibir Sumbing Ditangani Secara Menyeluruh : Segera Didata Ke Desa-desa

8 November 2023 - 22:47 WIB

Bupati Zahir Memberikan sambutan dan meminta kepada Dinas Kesehatan P2KB Untuk Mendata Penderitaan Bibir Sumbing pada Bulan Bhakti kesehatan di Sei Suka.

HKGN Di Batu Bara, PDGI dan Bunda PAUD Menggelar Bakti Sosial

1 November 2023 - 20:47 WIB

Trending di Kesehatan