Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 4 Okt 2023 22:52 WIB

Musim Penghujan,Waspadai DBD, Dinkes P2KB Lakukan Fogging dan Ingatkan 3 M


 Musim Penghujan,Waspadai DBD, Dinkes P2KB Lakukan Fogging dan Ingatkan 3 M Perbesar

BATU BARA, Bundarantimes.com – Masyarakat Kabupaten Batu Bara Diminta Waspada terhadap Demam Berdarah Dengeue (DBD), pasalnya Musim penghujan adalah  salah satu dampak penyebabbterjadinya DBD.

Oleh karenanya, Dinas Kesehatan P2KB Batu Bara menghimbau masyarakat untuk tetap. Waspada dan melakukan bersih-bersih dengan melakukan 3 M yaitu

menguras wadah berisi air, menutup rapat tempat penampung air, dan memanfaatkan barang bekas yang memiliki nilai ekonomi.

Berkaitan dengan hal tersebut, tampak petugas Dinkes P2KB dan dibantu petugas Puskesmas Labuhan Ruku melakukan fogging atau pengasapan di sekitar gang dan rumah penduduk di Komplek Perumahan Sirih Nazfa Indah Jl H Maulana, Lingkungan VI, Kelurahan Labuhanruku, Rabu (4/10/2023).

Fogging ini dilakukan sehubungan adanya seorang warga terindikasi terserang DBD yang sempat menjalani perawatan medis, kondisinya kini telah membaik/sembuh, bahkan dikabarkan sudah beraktivitas kembali bekerja seperti biasa

Warga mengatakan, korban terserang sakit demam minggu lalu, sedangkan hasil lab baru diketahui kemarin, sehingga dikhawatirkan nyamuk atau jentik DBD sempat berkembang biak, baru dilakukan tindakan pengasapan.

“Iya pak hasil laboratorium (lab) warga yang terserang DBD diketahui kemarin, dan kita langsung turun melakukan pengecekan dan penanganan di lapangan berupa pengasapan/fogging hari ini,” sebut Kepala Puskesmas Labuhanruku dr Sarbini saat dikonfirmas melalui telepon.

Fogging dapat dilakukan dengan tiga syarat yakni ada penderita DBD (hasil laboratorium), ada demam yang lain dan ada jentik DBD (PE). “Ini syarat fogging dapat dilakukan,”Jelasnya.

Sebelumnya, seorang anak warga Desa Pahang Kecamatan Talawi juga terserang DBD dan tempat tinggalnya lingkungan sekitar maupun sekolah turut difogging atau pengasapan dengan bahan insektisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk khususnya pembawa (vektor) penyakit DBD. (Red)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 1
Iklan 2
Baca Lainnya

Peringati HBP Ke-60, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Kegiatan Donor Darah

17 April 2024 - 16:52 WIB

TMMD dan Dinkes Batu Bara Bekerjasama Pelayanan Pemasangan KB Gratis

13 Maret 2024 - 15:18 WIB

Tutup Bulan K3 2024, INALUM Gelar Donor Darah di Tanjung

12 Februari 2024 - 08:39 WIB

Peduli Kemanusiaan, Keluarga Besar PT STTC Donorkan 119 Kantong darah

18 Desember 2023 - 09:28 WIB

Penuhi Hak Kesehatan WBP , Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Rutin Gelar Senam Pagi

24 November 2023 - 20:48 WIB

Ketua YKI Batu Bara Ajak Perempuan Untuk Skrining Kesehatan Secara Berkala

10 November 2023 - 21:44 WIB

Ketua YKI Batu Bara Bersama Kadis Kesehatan P2KB Batu Bara Ajak Perempuan Skrining Kesehatan Berkala.
Trending di Kesehatan