Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 18 Sep 2023 22:39 WIB

Dosen Unimed Dampingi Masyarakat Kampung Sejahtera Rintis Eco-Wisata Susur Sungai Babura


 Dosen Unimed Dampingi Masyarakat Kampung Sejahtera Rintis Eco-Wisata Susur Sungai Babura Perbesar

MEDAN, Bundarantimes.com – Tim Dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Unimed bersama Mahasiswa Pendidikan Masyarakat FIP Unimed melakukan pendampingan kepada warga Kampung Sejahtera rintisan Kampung Eco-Wisata “Susur Sungai Babura” berbasis Komunitas Tourism Literacy, pada Senin (18/09) di Pendopo Kampung Sejahtera.

Adapun Ketua tim Mahfuzi Irwan, S.Pd., M.Pd. dengan anggota Prof. Dr. Yusnadi, MS., Yuzia Eka Putri, ST., M.Par., dan Melly Br Bangun, S.Kom., M.Kom. Dengan melibatkan mahasiswa Rachel Elisabet Ginting, Dika Dona Syahputra, Azzahwa dan Cristina Saragih.

Tim Dosen PKM Unimed membuat rancangan produk seperti katalog destinasi Ekowisata Susur Sungai babura yang kemudian produk tersebut didesiminasikan kepada masyarakat kampung sejahtera. Kemudian melakukan pendampingan kepada masyarakat kampung sejahtera guna mendukung eksistensi destinasi ekowisata susur sungai babura. Pendampingan tersebut menghadirkan narasumber Ilham Mirzaya Putra, SE., M.Si. (Dosen USU) memaparkan materi mengenai peran komunitas dalam rintisan kampung eco-Wisata Susur Sungai babura, dan Eko Haryanto, S.Pd., PC., MOS. (Humas Unimed) menyampaikan materi mengenai Pemanfaatan fotografi sebagai media promosi eco-Wisata Sungai Babura.

Selaku Ketua, Mahfuzi mengatakan “Kegiatan ini dalam rangka pengabdian kami sebagai dosen untuk masyarakat yang nanti tujuan akhir membuat booklet pariwisata dan memberikan Pendampingan Rintisan Kampung Eco-Wisata “Susur Sungai Babura” Berbasis Komunitas Tourism Literacy Di Kampung Sejahtera Kota Medan”. Kemudian beliau menambahkan bahwa “kami melihat Sungai Babura dan Kampung Sejahtera memiliki potensi yang besar, terutama dalam Wisata Susur Sungai, bidang kuliner dan UMKM. Selain tempatnya yang strategis, besar harapan kami partisipasi dari masyarakat dalam membangun Kampung Sejahtera menjadi Kampung eco-Wisata Kota Medan. Kami juga akan menyerahkan bantuan berupa pelampung dan booklet wisata yang dapat digunakan untuk pengembangan pariwisata di Kampung Sejahtera Kota Medan.

Kepala Lingkungan Kampung Sejahtera, Safriadi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh tim PKM Unimed, karena wisata sungai babura sempat vakum, terkendala akibat kurangnya pengunjung, kurangnya SDM dan kondisi alam. Ia mengatakan Pendampingan ini sangat baik dan bermanfaat bagi kami, untuk memberikan edukasi positif dalam menjaga dan merawat kampung kami menjadi Kampung eco-Wisata Susur Sungai Babura. Mudah-mudahan Setelah pendampingan ini dapat membawa dampak yang positif bagi kemajuan destinasi ekowisata susur sungai babura khususnya masyarakat kampung sejahtera agar kendala-kendala tadi perlahan semakin teratasi. mewujudkan destinasi ekowisata susur sungai babura hanya bisa dilakukan apabila semua pihak bergandengan tangan, gotong royong baik dari akademisi, pemerintah kota medan, komunitas-komunitas hingga para tokoh masyarakat dan masyarakat kampung sejahtera.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 1
Iklan 2
Baca Lainnya

Police Goes To School Sat Lantas Polres Batu Bara Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas

22 April 2024 - 17:52 WIB

DANDIM 0211/TT Berikan Motivasi di SMA Negeri 1 Sitahuis

25 Maret 2024 - 22:32 WIB

Bunda PAUD Sumela Kunjungi TK Pembina Negeri

23 Maret 2024 - 17:30 WIB

Miris! Guru Honorer dipecat Sehari Setelah Bertugas Sebagai Anggota KPPS

23 Februari 2024 - 21:46 WIB

Menkumham Yasonna Serahkan Bantuan Dana Pendiidikan PIP Bagi Peserta Didik Di Sumut

1 Desember 2023 - 19:45 WIB

1.500 Guru di Batu Bara Hadiri Resepsi HUT ke-78 PGRI

30 November 2023 - 11:48 WIB

1.500 Guru di Batu Bara Hadiri Resepsi HUT ke-78 PGRI di Hotel Singapore Land Batu Bara.
Trending di Pendidikan