Menu

Mode Gelap

Daerah · 27 Apr 2024 13:26 WIB

HBP Ke – 60, Lapas Labuhan Ruku Gelar Upacara dan Syukuran


 HBP Ke – 60, Lapas Labuhan Ruku Gelar Upacara dan Syukuran Perbesar

BATU BARA,  – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku menggelar upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024 dengan tema ‘Pemasyarakatan PASTI Berdampak’ di lapangan upacara, Sabtu (27/4/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Pejabat Struktural, Staf dan petugas jaga.

“Berbagai permasalahan dan pencapaian yang silih berganti kian mendewasakan dan menguatkan institusi ini. Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI Ke-60 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak” bukanlah kegiatan seremonial semata, tapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana,” ujar Alexa, bacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H Laoly, pada upacara HBP ke-60.

Dirinya melanjutkan bahwa Undang-undang Pemasyarakatan memandatkan pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan berdasarkan asas pengayoman, non diskriminasi, kemanusiaan, gotong royong, kemandirian, proporsionalitas, kehilangan kemerdekaan merupakan satu-satunya derita, serta profesionalitas. Hal ini sesuai dengan way of life bangsa kita yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perbuatan yang merendahkan derajat martabat manusia.

“Peran yang besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara profesional dan secara bertanggung jawab. Peran Pemasyarakatan sebagaimana dimandatkan dalam beberapa regulasi, harus didukung dengan kelembagaan dan resources yang kuat. Ini merupakan tantangan tugas yang tidak ringan. Juga dibutuhkan human capital atau aparatur penyelenggaraan tugas Pemasyarakatan yang memiliki motivasi, etos kerja, dan jiwa pengabdian yang mendalam,” tandasnya.

Setelah kegiatan Upacara, dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur kita terhadap Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke – 60.

“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh jajaran yang telah hadir memeriahkan acara puncak dari kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-60. Dengan ulang tahun pemasyarakatan ke -60, saya harapkan seluruh jajaran meningkatkan kinerja dan disiplinnya dalam menjalankan tugas sehari-hari”.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama dengan seluruh petugas Lapas Labuhan Ruku.

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Iklan 2
Baca Lainnya

Kapolres Batu Bara Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 16 Anggotanya

2 Juli 2024 - 18:27 WIB

Polres Batu Bara Gelar Apel HUT Bhayangkara Ke-78

2 Juli 2024 - 00:21 WIB

Lapas Labuhan Ruku Terima Kunjungan Monitoring dan Evaluasi Kakanwil Kemenkumham Sumut

30 Juni 2024 - 17:14 WIB

Pj Bupati Batu Bara Jadi Pembicara di Peringatan HANI 2024

26 Juni 2024 - 19:03 WIB

Kalapas Labuhan Ruku Hadiri HANI 2024

26 Juni 2024 - 12:39 WIB

Putra Asahan Itu Memimpin Batu Bara

18 Juni 2024 - 12:27 WIB

Trending di Daerah