Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 27 Jun 2023 13:54 WIB

Jelang Idul Adha, Harga Kebutuhan Pokok Melonjak, Cabai Naik Hingga 100%


 Jelang Idul Adha, Harga Kebutuhan Pokok Melonjak, Cabai Naik Hingga 100% Perbesar

MEDAN, Bundarantimes.com Menjelang libur panjang idul adha, sejumlah harga kebutuhan pangan masyarakat mengalami kenaikan. Harga cabai merah bahkan naik hampir dua kali lipat. Dari posisi 15 hingga 21 ribu per Kg, pada hari ini harga cabai merah naik dikisaran 35 ribu hingga 40 ribu per Kg nya. Mengacu kepada data PIHPS, harga cabai merah di sekitar kota medan pada hari ini melonjak sekitar 91%.

 

Hal itu ungkapkan oleh Gunawan Benjamin, Pengamat Ekonomi Sumut, Selain cabai merah, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan sekitar 30% dari posisi 23 ribuan menjadi 30 ribu per Kg. Dan bukan hanya harga cabai, sejumlah harga kebutuhan pangan lainnya sepeti bawang merah dan bawang putih juga naik. Bawang merah naik sekitar 8.5%, dan bawang putih mengalami kenaikan sekitar 8%. Harga bawang merah saat ini dijual dikisaran 35 hingga 38 ribu per Kg, sementara bawang putih ditransaksikan dikisaran harga 38 hingga 40 ribu rupiah per Kg.

 

Disisi lain, Benjamin menjelaskan, harga daging ayam juga mengalami kenaikan. Padahal belum berselang lama harga daging ayam sempat turun dari 40 ribuan menjadi 36 ribuan per Kg. Namun saat ini harga daging ayam ditransaksikan dikisaran level 39 ribu per Kg nya. Dan tingginya permintaan menjadi alasan utama, karena untuk harga pakan ternak justru turun sekitar 200 rupiah per Kg di dua pekan sebelumnya.

 

“Kenaikan komoditas cabai, daging ayam dan bawang tersebut dipicu oleh kenaikan demand atau permintaan yang membuat harganya naik. Dan keempat komoditas pangan yang naik tersebut berpeluang turun kembali harganya dalam waktu dekat nanti. Bahkan peluang penurunan harga bawang putih di bulan selanjutnya cukup terbuka. Kenaikan demand ini diperkirakan hanya sementara, namun untuk komoditas cabai ini dalam pengecualian,”Jelasnya.

 

Lanjutnya, dikarenakan harga cabai yang sudah sangat murah sejak maret kemarin, berpeluang memicu potensi penurunan luas areal tanam hingga penurunan prooduksi. Dan seiring dengan kebijakan pemerintah yang memperpanjang libur Idul Adha, keseimbangan pasar memang bisa terganggu nantinya. Jadi gejolak harga di pekan ini menjadi gambaran ketidakseimbangan pasar itu sendiri, dikarenakan kebijakan cuti bersama.

 

Selain Cabai, Kata Benjamin, Untuk harga daging ayam, sekalipun saya memperkirakan akan berada di atas rentang 31 hingga 33 ribu per Kg, namun kenaikan yang terlalu jauh dari angka tersebut justru bisa menekan permintaannya. Sehingga saya berkesimpulan bahwa kenaikan harga daging ayam terlalu tinggi juga tidak akan bertahan lama.

 

Terlebih untuk harga bawang putih, tren harga bawang putih belakangan ini mengalami penurunan di Negara asal tujuan impor. Jadi potensi penurunan harga bawang putih sebenarnya berpeluang terjadi di bulan depan. Dan kenaikan harga beberapa komodtas pangan saat ini saya perkirakan hanya sementara.

 

“Kita tidak bisa meyimpulkan bahwa harga yang naik saat ini akan jadi awal kenaikan selanjutnya. Ini adalah pekan anomaly dimana ada libur panjang yang memicu ketidakseimbangan antara pasokan dan harganya,”Jelasnya.

 

“Jadi jangan panik, karena titik keseimbangan memang belum tercipta. Dengan situasi cuaca yang tidak menentu belakangan ini, potensi kenaikan harga pada komoditas cabai dan bawang merah kedepan memang masuk akal, tetapi belum tentu dengan komoditas lainnya. Kajian untuk memperdalam potensi perubahan harga masih terus dilakukan,”Sambung Benjamin.

Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 2
Baca Lainnya

Peringati HBP ke – 60, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Laksanakan Kegiatan Tabur Bunga

25 April 2024 - 20:50 WIB

WBP Lapas Labuhan Ruku Buka Puasa Bersama Keluarganya

4 April 2024 - 13:00 WIB

Melalui Program TMMD, Rumah Warga Ini Diperbaiki

7 Maret 2024 - 18:58 WIB

Pembinaan UP2K, PJ Ketua TP PKK Batu Bara Apresiasi Kemasan UMKM Desa Bangun Sari

9 Februari 2024 - 22:08 WIB

KRYD Satresnarkoba Polres Batu Bara Berhasil Ungkap 7 Kasus Narkoba

31 Januari 2024 - 12:38 WIB

Pj. Bupati Nizhamul Bantah Rekaman Viral Terkait Dukungan Salah Satu Capres

16 Januari 2024 - 17:59 WIB

Trending di Demokrasi