Menu

Mode Gelap

Daerah · 16 Feb 2024 11:12 WIB

Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Terima Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sumut


 Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Terima Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sumut Perbesar

BATUBARA, Bundarantimes.com– Lapas Labuhan Ruku Terima Kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Mhd. Jahari Sitepu, Kamis (15/2/2024).

Kunjungan tersebut dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi kondisi Lapas setelah pelaksanaan pemungutan suara. Kunjungan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan bahwa semua operasional dan layanan di lapas berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

 

Pada kesempatan kali ini, Jahari juga bertujuan untuk memantau kondisi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pasca Pemilu 2024, mengingat peristiwa tersebut memiliki potensi untuk mempengaruhi kondisi psikologis dan keamanan di dalam lapas. (Kamis, 15/02/2024).

Dalam pantauan,  Jahari disambut oleh Ka KPLP, Kasi Binadik dan Kasubbag Tata Usaha. Setiba di Lapas, Jahari mendapat laporan singkat mengenai kondisi terkini lapas, dimana hingga saat ini situasi Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku pasca Pemilu 2024 dalam keadaan kondusif.

Dalam proses monitoring, Jahari melakukan pengecekan langsung ke beberapa blok hunian. Kakanwil juga berdialog dengan perwakilan WBP untuk mendengarkan secara langsung kondisi di dalam Lapas, khusus terkait dampak pemilu, Kakanwil mencoba menggali informasi tentang dinamika yang terjadi di antar WBP, apakah ada peningkatan tensi atau permasalahan tertentu yang perlu diwaspadai.

Hasil dari kunjungan tersebut menunjukkan bahwa Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku telah melakukan pengelolaan yang baik dalam menjaga stabilitas dan keharmonisan di antara WBP pasca Pemilu 2024.

Meskipun demikian, berdasar hasil monitoring dan evaluasi, Kakanwil memberikan beberapa rekomendasi untuk peningkatan layanan dan fasilitas, serta strategi pengelolaan WBP yang lebih efektif, terutama dalam menghadapi situasi khusus seperti pemilu. Kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan pemasyarakatan dan mendukung proses rehabilitasi WBP menjadi lebih baik.

Di Kesempatan ini juga, Lapas Labuhan Ruku menerima sosialisasi penggunaan srikandi. Fungsi dari aplikasi srikandi ini adalah untuk mengarsipkan seluruh surat masuk dan keluar yang ada di Lapas Labuhan Ruku. Diharapkan dengan adanya aplikasi srikandi ini, pengarsipan surat masuk dan keluar bisa lebih tertata lagi. (Red)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

Iklan 2
Baca Lainnya

Kapolres Batu Bara Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 16 Anggotanya

2 Juli 2024 - 18:27 WIB

Polres Batu Bara Gelar Apel HUT Bhayangkara Ke-78

2 Juli 2024 - 00:21 WIB

Lapas Labuhan Ruku Terima Kunjungan Monitoring dan Evaluasi Kakanwil Kemenkumham Sumut

30 Juni 2024 - 17:14 WIB

Pj Bupati Batu Bara Jadi Pembicara di Peringatan HANI 2024

26 Juni 2024 - 19:03 WIB

Kalapas Labuhan Ruku Hadiri HANI 2024

26 Juni 2024 - 12:39 WIB

Putra Asahan Itu Memimpin Batu Bara

18 Juni 2024 - 12:27 WIB

Trending di Daerah