Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 15 Sep 2023 22:16 WIB

Mahasiswa Penmas Unimed Gandeng Fakultas dan Desa Resmikan Sekolah Perempuan


 Mahasiswa Penmas Unimed Gandeng Fakultas dan Desa Resmikan Sekolah Perempuan Perbesar

MEDAN, Bundarantimes.com – Dalam rangka peresmian Sekolah Perempuan dalam Progam Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK-Ormawa) Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed beserta dosen Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan dan aparat pemerintahan Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, secara resmi meluncurkan Sekolah Perempuan di Desa Tanjung Rejo Pada kamis, 14 September 2023 di Aula Kantor Desa Tanjung Rejo.

Acara peluncuran sekolah perempuan ini dihadiri oleh Dekan FIP Universitas Negeri medan bersama dengan Wakil Dekan 1, 2, dan 3, Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat beserta para dosen dari jurusan pendidikan masyarakat Universitas Negeri medan. Juga hadir aparat pemerintahan Desa Tanjung Rejo, tim mahasiswa PPK Ormawa HMJ Penmas Unimed, dan puluhan warga belajar Sekolah Perempuan.

Ketua PPK Ormawa HMJ Penmas Unimed Yohanes Bagas, dalam laporannya menyebutkan bahwa sekolah perempuan ini merupakan prestasi gemilang dari Tim PPK Ormawa HMJ Pendidikan Masyarakat Unimed, dalam meraih pendanaan yang diadakan oleh Kemendikbudristek tahun 2023.

“Sekolah Perempuan yang diinisiasi oleh tim PKK Ormawa Himpunan Mahasiswa Jurusan pendidikan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut melalui program penguatan fungsi keluarga, khususnya bagi ibu rumah tangga,”Ucapnya.

Dia berharap, adanya Sekolah Perempuan di Desa Tanjung Rejo menjadi wadah bagi warga belajar untuk mendapatkan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi, pendidikan, serta cara berkomunikasi yang baik dalam lingkup keluarga sehingga menciptakan keharmonisan keluarga.

Kemudian, Fauzi Kurniawan S.Psi, M.Psi, selaku perwakilan Jurusan Pendidikan Masyarakat Unimed, menyampaikan pesan bahwa Sekolah Perempuan ini diinisiasi berdasarkan kebutuhan nyata masyarakat dan kepekaan terhadap permasalahan yang ada di Desa Tanjung Rejo.

“Selain itu, Sekolah Perempuan juga diharapkan dapat menyediakan kegiatan lain yang dapat menjawab permasalahan yang tengah dihadapi oleh masyarakat Desa Tanjung Rejo. Dengan demikian, Sekolah Perempuan ini diharapkan menjadi salah satu solusi konkret bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang ada,”Tuturnya.

Dekan FIP Unimed, Prof. Dr. Yusnadi MS, menyampaikan ucapan selamat kepada Tim PPK Ormawa HMJ Pendidikan Masyarakat yang berhasil mewakili Universitas Negeri Medan sebagai satu-satunya dalam ajang bergengsi tersebut.

“Selamat kepada HMJ Penmas Unimed dan Selamat untuk Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Mahfuzi Irwan yang telah membimbing para mahasiswa,” Pungkas Yusnadi.

Ia juga menyampaikan harapannya bahwa Sekolah Perempuan yang diinisiasi oleh tim tersebut akan memperkuat peran dan fungsi keluarga, khususnya bagi ibu rumah tangga di Desa Tanjung Rejo. Dengan kehadiran Sekolah Perempuan ini, diharapkan nilai-nilai yang diterapkan akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari warga belajar sehingga dapat diwariskan kepada perempuan lain yang belum mendapatkan kesempatan serupa.

Pada kesempatan lain, Bapak Selamet, selaku Kepala Desa, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas pemilihan Desa Tanjung Rejo sebagai lokasi pelaksanaan Program Sekolah Perempuan.

“Kami bersyukur kerja sama dengan program studi pendidikan masyarakat ini berkembang hingga kegiatan nasional seperti ini, saya seluruh aparat pemerintahan desa sangat mendukung penuh kegiatan ini,” Sebut Slamet.

Dengan harapan Sekolah Perempuan ini akan sukses dalam mencapai tujuannya dan mampu memberikan kontribusi positif yang signifikan bagi perkembangan pendidikan dan pemberdayaan perempuan di wilayah mereka.

Peresmian program sekolah perempuan ini dilakukan secara simbolis dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan FIP Unimed dan Sekretaris Desa, Rizki dengan didampingi Kepala Dusun, pimpinan fakultas, Para Dosen, dan perwakilan Tim PPK Ormawa HMJ Penmas Unimed.

“Alhamdulillah program sekolah perempuan ini sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak, semoga dalam pelaksanaannya Sekolah Perempuan menjadi program yang membawa dampak positif bagi masyarakat Tanjung Rejo dan terkhusus pada HMJ Penmas Unimed semoga mendapatkan peningkatan kapasitas keorganisasiannya” ungkap Mahfuzi Irwan,M.Pd selaku Pembimbing Tim PKK Ormawa HMJ Penmas Unimed.

Kemudian, kegiatan ditutup setelah melakukan penyamaan persepsi bersama warga belajar sekolah perempuan, sehingga kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan tim Sekolah Perempuan akan semakin kuat dan berkelanjutan.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bunda PAUD Batu Bara Buka Sosialisasi Literasi Digital PAUD

19 September 2023 - 12:38 WIB

Dosen Unimed Dampingi Masyarakat Kampung Sejahtera Rintis Eco-Wisata Susur Sungai Babura

18 September 2023 - 22:39 WIB

Pemkab Batu Bara Dan Universitas Dharmawangsa Jalin MoU : Dana Penelitian Ada Disetiap Semester

14 September 2023 - 13:13 WIB

Bobby Nasution Ajak Muhamadiyah dan Aisyiyah Medan Persiapkan SDM Menuju Indonesia Emas 2045

5 September 2023 - 14:05 WIB

Pelatihan IKM Guru PAI, Bupati Zahir Minta Disdik Anggarkan Pelatihan Sertifikasi Guru

5 September 2023 - 11:11 WIB

Tokoh Peduli Pramuka, Bupati Zahir Dianugerahi Lencana Melati

3 September 2023 - 16:30 WIB

Trending di Pendidikan