Menu

Mode Gelap

Daerah · 4 Apr 2023 23:56 WIB

SLPT Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik Untuk Budidaya Maggot, Pemkab Batu Bara Beri Apresiasi


 SLPT Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik Untuk Budidaya Maggot, Pemkab Batu Bara Beri Apresiasi Perbesar

BATU BARA, Bundarantimes.com – Semenanjung Lestari Pantai Timur (SLPT) kembali membuat gebrakan baru, kali ini dengan menggelar sosialisasi pemanfaatan sampah organik untuk budidaya maggot, di Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Selasa (4/4/2023).

Peserta kegiatan merupakan warga binaan Lapas Labuhan Ruku yang merupakan warga Batu Bara, yang diikuti sebanyak ratusan orang.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dibuka oleh Bupati Batu Bara yang diwakili oleh Asisten II, Khairul Anwar, M.Si.

Selain itu, turut hadir Kepala Lapas Labuhan Ruku, EP Prayers Manik, Kadis Perkim dan Lingkungan Hidup, Frans Fiter Batu Siregar beserta jajarannya. Dan Azhar, M.Pd selaku pembicara.

Ketua SLPT, Alvian Khomeini, S.Pd, M.Si, dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan SLPT kali ini berbeda dari yang lainnya.

“Kali ini SLPT membuat suatu terobosan yang berbeda, biasanya organisasi lingkungan, ya kalau gak bersih-bersih lingkungan, juga menjadi kontrol lingkungan, namun kali ini kita tampil dengan beda,” Tuturnya.

Lanjutnya, Kegiatan ini sengaja kami desain untuk warga binaan masyarakat Batu Bara. Mengingat, warga binaan biasanya telaten, dan memiliki waktu luang, sehingga fokus dalam bekerja apalagi dalam budidaya.

“Disisi lain, kegiatan ini juga menjadi bekal positif bagi warga binaan, disaat nanti keluar dari tahanan,” Katanya.

Alvian juga menuturkan, hal ini juga menjadi Output bagi Pemerintah Batu Bara untuk meningkatkan PAD dalam memanfaatkan sampah.

“Kita tau sampah Organik maupun An organik menjadi potensi, terutama di daerah para pelaku UMKM nya banyak, sehingga ini menjadi kesempatan bagi pemkab untuk memanfaatkan budidaya maggot. Artinya SDM hari ini kita bekali lewat sosialisasi dan pengetahuan, nanti harapannya pemkab Batu Bara akan memperdayakan warga binaan setelah bebas,” Pungkas Alvian.

Tak lupa, Alvian juga mengucapkan Terima Kasih kepada Bupati Batu Bara, Ir Zahir M.AP telah mensupport organisasi SLPT.

“Terimakasih kepada pihak yang terlibat dalam acara ini, kepada Kalapas Labuhan Ruku, juga kepada Bupati Batu Bara, dalam hal ini yang menaungi Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kabupaten Batu Bara,”Sebutnya.

Terpisah Saat diwawancarai awak media, Bupati Batu Bara melalui Asisten II, yang didamping Kadis Perkim dan Lingkungan Hidup, mengapresiasi ide dan gagasan dari SLPT. Kedepan Pemkab Batu Bara akan terus bersinergi terhadap organisasi lingkungan terutama Semenanjung Lestari Pantai Timur.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Iklan 2
Baca Lainnya

Perkuat Silaturahmi, Pj. Nizhamul Jalan Santai Bersama Masyarakat

25 Februari 2024 - 22:07 WIB

Lapas Labuhan Ruku Gelar Kegiatan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H

22 Februari 2024 - 16:28 WIB

SGAR Mempawah dan Fakta-Faktanya

20 Februari 2024 - 11:19 WIB

Didampingi Direktur RSUD, Pj. Bupati Berkunjung Ke Situs Sejarah Makam Kubah Batu Bara

18 Februari 2024 - 16:30 WIB

Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Terima Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sumut

16 Februari 2024 - 11:12 WIB

Progres Sudah 80%, Smelter Alumina Memwapah Optimis Beroperasi Akhir Tahun 2024

15 Februari 2024 - 20:07 WIB

Trending di Daerah