Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Apel Siaga Rakercab Repdem 5 Kabupaten Tegaskan Hattrick 2024 Bane Goes To School, Bane Raja Manalu Motivasi Pelajar SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Bane Raja Manalu Kabulkan Kekayaan Intelektual Pelaku UMKM di Batu Bara, 7 Sertifikat Merek Diberikan Laksanakan Perintah Kapolri, 7 Tersangka Perjudian Ditangkap Polres Batu Bara

News · 29 Jun 2022 WIB

70 Persen Hewan Ternak Suspek PMK di Batu Bara Sembuh


 70 Persen Hewan Ternak Suspek PMK di Batu Bara Sembuh Perbesar

BATU BARA, Bundarantimes.com – Sebanyak 70 persen dari 40 ribu populasi hewan ternak di Batu Bara yang inyatakan tersuspek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sembuh setelah menerima suntikan antibiotik dan vitamin.

Dinas Peternakan dan Perikanan Batu Bara terus gencar mengantisipasi penularan PMK pada hewan ternak yang berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing dan babi, dengan mengunjungi secara door to door ke kandang hewan ternak milik warga.

Salah satunya pengobatan hewan ternak yang terkena PMK di Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara.

Petugas Kesehatan Dinas Peternakan Batu Bara melakukan pengobatan dengan cara menyuntikkan hewan ternak dengan antibiotik, vitamin, dan menyemprotkan cairan disinfektan pada bagian kuku hewan ternak dan juga menyemprotkan disinfektan pada kandang-kandang hewan ternak, Sabtu (25/06/22).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Batu Bara Drh. Emmy Oftini mengatakan, proses penularan PMK pada hewan ternak ada beberapa macam di antaranya, penularan virus melalui udara dengan radius sejauh 60 kilometer, penularan melalui kontak langsung sesama hewan ternak, dan penularan kontak tidak lansung lewat pemilik hewan ternak.

Dari metode pengobatan ini diketahui dari 40 ribu ekor populasi hewan ternak di Batu Bara, terdapat 5 ribu ekor hewan ternak positif suspek PMK, dan sebanyak 3800 ekor atau 70 persen dari jumlah hewan yang positif suspek PMK dinyatakan sembuh dan sebanyak lima ekor disembelih paksa.

Dinas Peternakan Batu Bara mengimbau agar para peternak segera melaporkan kepada petugas setempat dan mengisolasi hewan ternaknya apabila terindikasi PMK guna mencegah maraknya penularan PMK

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lapas Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut Jalin Sinergi Dengan APH Melalui Rakor SPPT-TI

11 Januari 2023 - 13:34 WIB

Bane Raja Manalu Sebarkan Virus Kebahagiaan Natal Bagi Warga Siantar-Simalungun

26 Desember 2022 - 21:35 WIB

Ketua DPRD Siantar, Timbul M Simbolon Sebut Bane “Sosok Yang Menginspiratif”

23 Desember 2022 - 22:00 WIB

Urai Kemacetan Arus Mudik Nataru, Tol Tebing Tinggi-Indrapura Dibuka Fungsional

20 Desember 2022 - 14:02 WIB

Perseteruan TNI dan Efendi, EKS Ketua HMI Sumut Minta Presiden Jokowi Copot KSAD

15 September 2022 - 11:36 WIB

Pelaku UMKM di Karo Antusias Perkenalkan Produknya Kepada Bane Raja Manalu

8 September 2022 - 21:55 WIB

Trending di News