Menu

Mode Gelap

News · 23 Jun 2022 22:40 WIB

Ciptakan Lingkungan Bersih, Lapas Labuhan Ruku Gotong Royong Bersihkan Selokan Disekitar


 Ciptakan Lingkungan Bersih, Lapas Labuhan Ruku Gotong Royong Bersihkan Selokan Disekitar Perbesar

BATUBARA, Bundarantimes.com – Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap warga negara di wilayah tempat tinggalnya. Lingkungan yang bersih mencerminkan kualitas hidup, dan juga menjamin terjaganya kesehatan masing-masing individu.

Begitu juga di Lapas Labuhan Ruku, demi terciptanya lingkungan yang nyaman maka Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku yang dipantau oleh petugas rutin melakukan pembersihan saluran air di area lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku, Rabu (23/6/2022)

Kalapas Kelas II A Labuhan Ruku EP Prayer Manik mengatakan “Kita harus menyadari pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari kita sendiri. Misalnya, rajin menyapu, rajin membersihkan selokan, membuang sampah pada tempatnya, dan masih banyak lagi.

Lanjutnya, Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan karena dengan menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat lainnya, terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat, lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara serta lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

“Saya meminta untuk tidak membuang sampah sembarangan karena bagaimanapun juga kebersihan lingkungan ini merupakan tanggung-jawab bersama yang harus senantiasa dijaga,” tegas EP Prayer Manik

Tak hanya itu, Menanggapi keluhan masyarakat disekitar EP Prayer Manik membantah limbah dari Lapas yang menyebabkan aroma tak sedap dari selokan Lapas , terlebih selokan diwilayah tersebut dialiri air dari berbagai sumber bukan hanya dari Lapas Labuhan Ruku

“ Dalam pengelolaan limbah sampah, kami selalu bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Pemkab Batu Bara,”Katanya.

“ Sampah dari Lapas Labuhan Ruku rutin setiap pagi diangkut dan tidak mempengaruhi aliran air diselokan. Kemungkinan aliran air di selokan tidak terlalu baik sehingga meninmbulkan bau tak sedap,”Sambungnya.

Kegiatan ini sudah menjadi program Lapas Labuhan Ruku yaitu “SABERKAT” ( sabtu bersih bersama masyarakat ) sebagai petugas Lapas untuk membina dan membimbing WBP agar tetap terus menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan dengan kegiatan rutin ini dapat menciptakan kondisi lingkungan Lapas yang selalu bersih, asri dan nyaman serta bebas dari penyakit.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 2
Baca Lainnya

Gubsu Periode 2008-2011 Syamsul Arifin Wafat, Hassanudin Sampaikan Belasungkawa

17 Oktober 2023 - 18:55 WIB

Mantan Gubsu Dato’ Seri H. Syamsul Arifin Wafat

17 Oktober 2023 - 13:58 WIB

HUT ke -78 TNI, Yonif 126 Kala Cakti Terima Kejutan Dari Polres Batu Bara

5 Oktober 2023 - 12:08 WIB

Menang Putaran Kedua, Hendry CH Bangun Terpilih Menjadi Ketua PWI Pusat 2023-2028

27 September 2023 - 09:05 WIB

Sidang WIPO ke-64, Menkumham Sampaikan Dukungan Indonesia terhadap Pemajuan Kekayaan Intelektual Global

7 Juli 2023 - 07:23 WIB

Pemilik Bengkel di Batu Bara Terbakar Saat Service Motor RX King, Begini Kondisinya

5 Juli 2023 - 17:20 WIB

Trending di Daerah