Menu

Mode Gelap

News · 25 Mei 2023 22:19 WIB

Dadakan! Lapas Labuhan Ruku Razia  Kamar Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan


 Petugas Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Merazia Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Perbesar

Petugas Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Merazia Warga Binaan Permasyarakatan (WBP)

BATU BARA, Bundarantimes.com – Dalam rangka menindaklanjuti isu pemberitaan negatif di Lapas/Rutan seluruh Indonesia mengenai peredaran narkoba dan penipuan online maka Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku bergerak cepat melakukan razia/penggeledahan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) sebagai upaya deteksi dini pencegahan agar tidak terjadi peredaran narkoba dan penipuan online di lapas labuhan ruku

Kegiatan langsung dipimpin  oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka.KPLP) Akmalun Ikhsan didampingi Karupam dan  jajaran  pengamanan beserta staf.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP ) yang sebelumnya berada di dalam kamar, secara bergantian diminta untuk keluar dari kamar. Beberapa petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap badan dan pakaian yang dikenakan. Petugas juga melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di setiap kamar.

Ka.KPLP menjelaskan bahwa Penggeledahan tersebut berjalan dengan aman dan tertib. Rutinitas razia kamar hunian WBP dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu. Meskipun pihaknya lebih banyak melakukan tindakan pemeriksaan dadakan atau insidentil.

“kegiatan itu dilakukan baik secara rutin maupun insidentil, guna mencegah masuknya barang barang terlarang dan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib,”ungkap Akmalun Ikhsan.

Selain langsung kekamar hunian, petugas juga menyisir lorong-lorong yang diduga tempat persembunyian barang barang larangan.

Hasil dari razia tersebut mendapatkan  3 unit HP, dan  2 buah headset ,  juga 1 buah besi  dan 1 buah sendok besi, 1 buah pisau cukur dan 1 buah gunting, Mancis 7 buah dan kartu remi 2 set. Hasil tersebut diserah terimakan dengan Kasi. Admin & Kamtib Lapas Labuhan Ruku untuk dibuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) hasil temuan operasi.

Kepala Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, EP Prayer Manik menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk deteksi dini sekaligus melihat langsung kondisi kamar hunian warga binaan pemasyarakatan

EP Prayer Manik juga mengingatkan kepada para petugas untuk tetap melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab, sehingga keamanan dan ketertiban (kamtib) tetap terjaga, melalui implementasi 3+1 Kunci Sukses Pemasyarakatan maju ( deteksi dini, berantas narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya ditambah dengan back to basics)

“Lapas Labuhan Ruku akan terus berupaya mencegah dan memberantas Narkotika serta warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang melakukan penipuan online. Hal ini sebagai komitmen untuk mewujudkan Zero Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba) dan P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba),”Tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 2
Baca Lainnya

Gubsu Periode 2008-2011 Syamsul Arifin Wafat, Hassanudin Sampaikan Belasungkawa

17 Oktober 2023 - 18:55 WIB

Mantan Gubsu Dato’ Seri H. Syamsul Arifin Wafat

17 Oktober 2023 - 13:58 WIB

HUT ke -78 TNI, Yonif 126 Kala Cakti Terima Kejutan Dari Polres Batu Bara

5 Oktober 2023 - 12:08 WIB

Menang Putaran Kedua, Hendry CH Bangun Terpilih Menjadi Ketua PWI Pusat 2023-2028

27 September 2023 - 09:05 WIB

Sidang WIPO ke-64, Menkumham Sampaikan Dukungan Indonesia terhadap Pemajuan Kekayaan Intelektual Global

7 Juli 2023 - 07:23 WIB

Pemilik Bengkel di Batu Bara Terbakar Saat Service Motor RX King, Begini Kondisinya

5 Juli 2023 - 17:20 WIB

Trending di Daerah