Menu

Mode Gelap
Jelang Nataru, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Apel Siaga Rakercab Repdem 5 Kabupaten Tegaskan Hattrick 2024 Bane Goes To School, Bane Raja Manalu Motivasi Pelajar SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Bane Raja Manalu Kabulkan Kekayaan Intelektual Pelaku UMKM di Batu Bara, 7 Sertifikat Merek Diberikan Laksanakan Perintah Kapolri, 7 Tersangka Perjudian Ditangkap Polres Batu Bara

News · 17 Agu 2022 WIB

Lapas Labuhan Ruku Serahkan Remisi Umum Di Hari Kemerdekaan, 1.210 Disetujui, 21 Orang Bebas


 Sesi foto bersama (Images: Zry) Perbesar

Sesi foto bersama (Images: Zry)

BATU BARA, Bundarantimes.com – Dalam momentum menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 Tahun, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Labuhan Ruku Menyerahkan Remisi Umum bagi Narapidana dan Anak, di Pelataran Lapas Labuhan Ruku, Rabu (17/08/2022).

Penyerahan tersebut dihadiri Wakil Bupati Baru Bara, Oky Iqbal Frima, SE, serta jajaran Kapolres Asahan, Polres Batu Bara, BNN Asahan, Kemenag Batu Bara, Puskesmas Labuhan Ruku, dan Jajaran Forkopimda lainnya.

Dalam laporan Lapas Labuhan Ruku, yang disampaikan oleh Jimri Nababan, sebanyak 1.232 orang narapidana diusulkan, dan yang disetujui 1.210 orang, yang dapat pembebasan pada hari ini sebanyak 21 orang.

Wakil Bupati Batu Bara dalam sambutannya menyampaikan, pemberian Remisi terhadap narapidana bukan semata mata suatu hak yang didapatkan dengan muda, dan bukan pula merupakan bentuk kelonggaran agar narapidana segera bebas.

“Namun pemberian remisi adalah bentuk tanggung jawab agar dapat memenuhi kewajiban dalam pelaksanaan program pembinaan,” ujarnya.

Lanjut Oky, Secara psikologis pemberian Remisi memberi pengaruh dalam menekan tingkat prustasi dengan mengurangi gangguan kemanan dan ketertiban di lapas.

“Selamat kepada narapidana yang mendapatkan remisi dan bebas, semoga tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum lagi,” ucapnya.

Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima, SE, memberikan surat remisi kepada salah satu narapidana (Images: Zry)

Selanjutnya, ia juga menghimbau kepada Lapas Labuhan Ruku agar tetap menjadi pelayan masyarakat yang mempunyai semangat mengabdi dengan tulus dan ikhlas serta penuh dedikasi.

Senada dikatakan Kalapas Labuhan Ruku, EP Prayer Manik, saat di wawancara di ruangannya, bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar terus menerus berupaya memperbaiki diri karena semakin cepat mereka merubah perilakunya menjadi baik, maka dapat lebih cepat pula mereka berintegrasi kembali dengan masyarakat.

“Tentunya hal ini diharapkan dapat memacu semangat Warga Binaan Pemasyarakatan dalam mengikuti pembinaan di Lapas,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Lapas Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut Jalin Sinergi Dengan APH Melalui Rakor SPPT-TI

11 Januari 2023 - 13:34 WIB

Bane Raja Manalu Sebarkan Virus Kebahagiaan Natal Bagi Warga Siantar-Simalungun

26 Desember 2022 - 21:35 WIB

Ketua DPRD Siantar, Timbul M Simbolon Sebut Bane “Sosok Yang Menginspiratif”

23 Desember 2022 - 22:00 WIB

Urai Kemacetan Arus Mudik Nataru, Tol Tebing Tinggi-Indrapura Dibuka Fungsional

20 Desember 2022 - 14:02 WIB

Perseteruan TNI dan Efendi, EKS Ketua HMI Sumut Minta Presiden Jokowi Copot KSAD

15 September 2022 - 11:36 WIB

Pelaku UMKM di Karo Antusias Perkenalkan Produknya Kepada Bane Raja Manalu

8 September 2022 - 21:55 WIB

Trending di News