Menu

Mode Gelap

Hukum · 16 Agu 2023 10:00 WIB

Lapas Labuhan Ruku Usulkan 1147 WBP Dapat Remisi Umum Kemerdekaan RI ke – 78


 Lapas Labuhan Ruku Usulkan 1147 WBP Dapat Remisi Umum Kemerdekaan RI ke – 78 Perbesar

BATUBARA, Bundarantimes.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut mengajukan usulan Remisi umum hari Kemerdekaan RI untuk 1147 narapidana, sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia tahun 2023.

Kalapas Labuhan Ruku, EP Prayer Manik, mengatakan remisi umum yang diajukan terbagi menjadi dua kategori, yaitu remisi umum I dan remisi umum II.

“Remisi Umum I memberikan pengurangan masa hukuman sejumlah bulan tertentu, sedangkan remisi umum II adalah remisi langsung bebas pada hari itu,” papar EP Prayer Manik

EP Prayer Manik merinci, narapidana yang diusulkan mendapatkan remisi umum diantaranya adalah, remisi satu bulan sebayak 197 narapidana, remisi dua bulan sebayak 178 narapidana, remisi tiga bulan sebayak 458 narapidana, remisi 4 bulan sebanyak 236 narapidana, remisi lima bulan sebayak 64 narapidana dan remisi enam bulan sebayak 14 narapidana.

“Kalau yang diusulkan mendapat remisi umum II sebanyak 38 narapidana, langsung bebas pada hari itu, mereka mendapat potongan masa pidana ada yang satu bulan hingga enam bulan,” jelasnya.

EP Prayer Manik menjelaskan, remisi merupakan pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana.

“ Mereka yang diusulkan merupakan warga binaan yang sudah melalui proses penilaian secara administratif dan substantif serta berkelakuan baik selama menjalani masa hukumannya.

EP Prayer Manik memastikan, pemberian remisi dijalankan melalui integrasi sistem data base pemasyarakatan antara Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Kantor Wilayah, dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk memastikan proses yang terkoordinasi.

“Kami berharap langkah ini akan memberikan kesempatan kedua bagi narapidana untuk memperbaiki diri dan kembali berkontribusi positif bagi masyarakat setelah menjalani hukuman pidana, Bagaimanapun mereka yang berkelakuan baik harus diberikan hak untuk mendapatkan remisi.

“Kedepan saya berharap mereka menyadari bahwa berkelakuan baik di Lapas itu sangat penting dan mengikuti kegiatan pembinaan”Sambung Kalapas.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Iklan 1
Iklan 2
Baca Lainnya

Kapolres Batu Bara Kunker Ke Polsek Lima Puluh, Ini Arahannya.

24 April 2024 - 19:10 WIB

Sigap! Satreskrim Polres Batu Bara Berhasil Ringkus Belanda Pelaku Pembunuhan

24 April 2024 - 02:57 WIB

Sadis! Leher Digorok Hingga Tewas, Pelaku Belanda di Buron Polisi

23 April 2024 - 11:58 WIB

Antisipasi Balap Liar dan Tawuran, Polsek Indrapura Lakukan Patroli Malam

22 April 2024 - 00:02 WIB

Mau Jual Sabu, Dua Orang Pemuda Ketangkul Polisi di Posyan Exit Tol Lima Puluh

20 April 2024 - 17:12 WIB

Lagi! Polsek Indrapura Cooling System Dalam Menjaga Harkamtibmas

20 April 2024 - 15:38 WIB

Trending di Hukum